Tingkatkan Keakuratan Data Kasus Covid-19, Mendagri Sarankan di Kabupaten Banggai Tersedia Layanan PCR Test

BANGGAI, MPI_Dalam rangka meningkatkan keakuratan data kasus Covid-19, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, menyarankan agar di Kabupaten Banggai tersedia layanan PCR test.

Hal ini disampaikannya kepada awak media usai memimpin rapat terbatas bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai, Sabtu (25/09), di kantor Bupati Banggai, kawasan perkantoran Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.

“Kita belum tahu kapan pandemi Covid-19 ini selesai. Untuk itu, saya menyarankan, kalau bisa di Kabupaten Banggai juga tersedia layanan PCR test, seperti didaerah lain, daripada harus mengirim semuanya ke Palu,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan dengan adanya layanan PCR test akan meningkatkan keakuratan data kasus Covid-19 di Kabupaten Banggai.

“Dengan tersedianya layanan PCR test maka resiko keterlambatan atau delay hasil testing akan diminimalisir dan tercapai keakuratan data kasus Covid-19,” lanjutnya.

Ia menjelaskan resiko keterlambatan atau delay berdampak kepada laju penurunan kasus. Dimana apabila terjadi delay, penginputan data kasus akan tergabung dengan data terakhir. Akibatnya terjadi keledakan kasus.

“Keterlambatan atau delay akan membuat grafik laju penurunan kasus akan salah. Karena kalau delay, apalagi sampai seminggu, staf yang menginput akan mengabungkan dengan data terakhir. Akibatnya terjadi keledakan kasus padahal tidak begitu keadaannya,” jelasnya.

Selain itu, tersedianya layanan PCR test akan menekan angka kematian. Dimana pasien yang sudah masuk pada fase yang berbahaya, bisa diberikan upaya pertolongan yang maksimal.

“Dengan adanya layanan PCR test akan meminimalisir angka kematian. Mengapa demikian? Karena dengan hasil testing yang cepat keluar, pasien yang sudah masuk pada fase yang berbahaya bisa diberikan upaya pertolongan yang maksimal. Tak hanya itu, dengan adanya layanan ini bisa membantu kabupaten sekitarnya,” urainya.

Ia menambahkan meskipun saat ini telah tersedia layanan testing Swav antigen, namun, hasil tesnya masih standar dan belum sepenuhnya akurat.

“Testing Covid-19 tak hanya berdasarkan hasil test Swab Antigen, karena hasil tesnya masih standar dan belum sepenuhnya akurat. Testing juga harus menggunakan hasil dari PCR test. Testing melalui PCR tes sangatlah penting, karena hasilnya sangat akurat,” tandasnya.(dewi)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan