Karya Bakti Pentahelix, Satgas Citarum Sektor 21 Sub 09 Gandeng Komunitas Rafting Palayangan Bersihkan Situ Cileunca.

Kab Bandung, MPN

Situ Cileunca yang mempunyai luas sekitar 3 Km merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun nasional.

Hari ini Rabu (09/08), situ Cileunca menjadi sasaran karya bakti yang melibatkan banyak unsur seperti Satgas Citarum Sektor 21 sub 09, Koramil 2410/Pangalengan, Polsek Pangalengan, Yon Zipur 3/MY serta Asosiasi Rafting Sungai Palayangan.

Dansektor 21 Citarum Harum Kolonel Inf Wahyu Bayu Murwanto melalui Dansub 09 Serma Jamroni mengatakan, karya bakti bersih bersih sampah melibatkan ratusan warga serta unsur terkait yang di bagi menjadi 4 tim.

Tim pertama fokus membersihkan kawasan Situ Cileunca, Tim kedua bergerak dari Situ Cileunca menuju Kawasan Pamaning, Tim Ketiga dari Situ Cileunca menuju Kawasan Dam Pulo sementara tim empat fokus di aliran sungai Palayangan.

” Karya bakti di Situ Cileunca merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Rabu, sementara untuk karya bakti masal dengan melibatkan semua unsur Pentahelix dilaksanakan setiap satu bulan sekali, seperti hari ini,” ujar Dansub 09.

Kegiatan bersih bersih ini sudah berjalan selama satu tahun, dulu sebelum kami turun kawasan ini banyak sekali sampah yang dibawa dari kendaraan wisatawan dan menumpuk dekat Situ.

Kami dari satgas Citarum sektor 21 lanjut Serma Jamroni, sudah menjadi kewajiban menggandeng berbagai komunitas penggiat lingkungan, akademisi serta pemerintah daerah.

Dansub sektor 09 yang meliputi kawasan Ciwidey dan Pangalengan mempunyai banyak anak sungai serta beberapa situ, yang terus menjadi perhatian satgas Citarum.

” Sesuai dengan instruksi Dansektor 21, kami harus menjadi solusi bagi masyarakat terutama dalam hal kebersihan lingkungan dan kelestarian sungai,” tuturnya.

Kegiatan bersih bersih Situ Cileunca menghasilkan sampah jenis plastik dan stereofom kurang lebih 1 ton, dan sampah yang dihasilkan dikirim ke Bank Sampah Airin milik Haji Heri.

Turut hadir dalam karya bakti selain satgas Citarum sektor 21 sub 09 diantaranya, Koramil 2410/Pangalengan, YonZipur 3/YW, Polsek Pangalengan, Unsur Kecamatan Pangalengan, Pokdarwis Desa Warnasari, Mahasiswa UNPAD dan UIN serta Berbagai Komunitas penggiat lingkungan juga Brigade Cacing Pasirjambu.

Sementara itu Dedi Rusyandi Ketua Asosiasi Rafting Palayangan menyampaikan bahwa kehadiran satgas Citarum sektor 21 banyak membantu dalam melaksanakan sosialisasi kebersihan.

” Keberadaan satgas Citarum sangat membantu dengan payung hukum Perpres no 15 tahun 2018, hal itu memudahkan kami melakukan sosialisasi pada warga serta wisatawan yang datang,” imbuh Dedi.

Dirinya mengkhawatirkan apabila TNI sebagai satgas Citarum selesai dengan tugasnya karena dampaknya akan sangat luas.

” Saya berharap satgas akan terus dipertahankan, sebagai warga wisata Situ Cileunca, kami sangat merasakan manfaat kehadiran satgas Citarum,” tutup Dedi Rusyandi.

Rie.


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan